Lengkap! 10 Tips Cara Cepat Hamil Secara Alami Setelah haid

Cara Cepat Hamil – Memiliki momongan atau buah hati merupakan dambaan semua pasangan yang menikah. Namun ada kalanya penantian itu tak kunjung mendapat jawaban. Pasrah pada Sang Pencipta memang menjadi solusi terbaik. Namun demikian bukan berarti tidak dibutuhkan usaha untuk bisa mendapatkan momongan. Ada faktor-faktor pendukung selain kehendak dari Yang Maha Kuasa. Mulai dari faktor asupan makanan yang tepat, kesiapan fisik baik pria maupun wanita, juga beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh tiap pasangan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut tips cara cepat hamil secara alami setelah haid yang bisa Anda dan pasangan Anda terapkan demi menghadirkan buah hati dalam keluarga

1. Kenali Siklus Haid Dan Masa Subur

Sangat penting mengetahui siklus haid dalam program perencanaan kehamilan. Siklus haid adalah rentang jumlah hari dari hari pertama haid menuju hari pertama haid berikutnya. Seorang wanita akan bisa mengetahui kapan terjadinya ovulasi atau keluarnya sel telur dari indung telur (ovarium) jika ia mengetahui siklus masa haidnya. Contoh, jika siklus haid rata-rata 28 hari, maka kemungkinan hamil tinggi ada 6 hari, yaitu 1 hari saat ovulasi dan 5 hari sebelum ovulasi.

Pada umumnya siklus haid kadang berubah, maka perlu Anda catat siklus haid selama beberapa bulan sebelumnya, minimal 8 bulan. Dari catatan ini bisa Anda ketahui siklus haid terpanjang dan terpendek, sehingga Anda bisa untuk menentukan masa subur. Untuk mengetahui masa subur, ada rumus sederhana:

  • Siklus haid terpanjang Anda kurangi 11 hari, maka hasilnya adalah hari terakhir dari masa subur Anda. Contoh, siklus terpanjang 30 hari, maka hari terakhir masa subur Anda adalah hari ke-19.
  • Siklus terpendek Anda kurangi 18 hari, hasilnya adalah hari pertama dari masa subur Anda. Contoh, siklus terpendek 27 hari, maka hari pertama masa subur Anda adalah hari ke-9.

Nah, dari sini bisa diketahui masa di mana wanita punya kemungkinan hamil lebih tinggi, yakni mulai hari ke-9 hingga hari ke-19.

2. Pilih Posisi Seks Yang Tepat

Tahukan Anda, posisi yang tepat saat berhubungan intim juga memiliki peran penting dalam program cepat hamil. Posisi suami berada di atas lebih memungkinkan sperma dapat cepat berenang untuk melakukan pembuahan dengan sel telur. Ingat, jauhi pelicin buatan karena ada komponen pelicin yang bisa merusak sperma sebab mengandung bahan kimia. Lakukan foreplay/pemanasan yang lebih lama untuk menghasilkan pelicin alami.

Dan setelah berhubungan intim, wanita jangan cepat-cepat berdiri, namun sebaiknya berbaring dulu selama 10-15 menit agar sperma bisa berenang dengan mudah mencapai sel telur. Perhatikan pula frekuensi bubungan intim. Terlalu sering melakukan hubungan intim justru membuat kualitas sperma pria berkurang karena terlalu sering ejakulasi. Oleh karena itu lakukan hubungan intim dengan bijak tanpa mengurangi kepuasan masing-masing pasangan.

3. Asupan Makanan Pendukung

Asupan makanan bergizi jelas dibutuhkan jika Anda menerapkan program cara cepat hamil. Bagi wanita, makanan seperti keju, makanan berkarbohidrat kompleks, susu, yoghurt, buah dan sayuran berwarna cerah, telur, sayuran hijau, daging ayam, kacang-kacangan dan minyak zaitun bisa membantu meningkatkan kesuburan. Contoh, sayuran hijau seperti selada, bayam, brokoli dan kale banyak mengandung folat dan vitamin B. Kedua zat ini dapat meningkatkan ovulasi.

Telur mengandung kolin dan protein. Asupan kolin bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan asam folat. Sementara folat sangat dibutuhkan saat sebelum dan masa awal kehamilan agar bayi tidak terlahir dalam kondisi cacat saraf.

Adapun bagi pria, sebaiknya konsumsi makanan yang bisa menambah kualitas dan jumlah sperma. Contoh, ikan salmon, tomat, semangka, susu rendah lemak atau yoghurt, beri, kacang-kacangan dan oatmeal. Salmon kaya akan protein dan omega 3. Protein tidak hanya membuat sperma lebih kuat namun juga membuatnya bisa berenang lebih cepat menuju sel telur.

4. Berolahragalah Namun Jangan  Berlebihan

Olah raga sangat baik dilakukan, bahkan sangat dibutuhkan agar tubuh tetap segar dan fit. Namun perlu Anda ingat, jangan lakukan olah raga secara berlebihan. Bagi wanita olah raga berlebihan bisa menyebabkan kelenjar bawah otak wanita tidak merangsang sel telur untuk berovulasi. Oleh karena itu, olah raga sebaiknya tidak dilakukan setiap hari. Cukup berolah raga tiga kali dalam seminggu dengan frekuensi selama 30 menit.

5. Konsumsi obat penyubur

Mengkunsumsi ramuan tradisional mungkin bisa membantu Anda untuk bisa mendapatkan momongan. Salah satu bahan  herbal yang patut untuk yang baik untuk mengatasi masalah kesuburan adalah madu penyubur kandungan.

6. Hindari Stress

Stress merupakan penyebab yang paling umum seoran wanita sulit hamil. Terutama saat masa menstruasi, wanita cenderung emosi, stress, mudah marah. Tidak hanya istri, namun kondisi pikiran suami juga perlu dijaga agar tidak stres. Apalagi jika keduanya penuh kesibukan dan terlalu memikirkan pekerjaan, maka program cepat hamil Anda akan sia-sia.

7. Cek Kualitas Sperma

Pengecekan sperma juga penting Anda lakukan, sebab 40% masalah tidak memiliki buah hati disebabkan dari pihak pria. Hal itu disebabkan karena sprema yang tidak berkualitas sulit terjadi pembuahan. Kriteria sperma yang baik yaitu minimal 39 juta per ejakulasi atau minimal 15 juta per mililiter, sehat dan kuat, memiliki bentuk atau morfologi yang baik serta normal. Untuk mengetahuinya, Anda bisa pergi ke dokter.

8. Hindari Rokok dan Alkohol

Jika kebetulan Anda atau suami adalah seorang perokok, sebaiknya berhentilah merokok begitu juga dengan kebiasaan meminum alkhohol. Meminum alkohol sedikit saja bisa mengurangi peluang kehamilan hingga 50 %. Rokok dan alkohol bagi pria bisa mengurangi kualitas sperma sehingga sulit untuk terjadi pembuahan.

9. Konsultasi ke dokter

Jika semua cara di atas sudah Anda lakukan namun tidak kunjung memberikan hasil, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan tips cara cepat hamil karena Dokter bisa mengetahui detail kondisi Anda sehingga ia akan memberikan sara yang tepat untuk Anda agar bisa cepat hamil.

10. Berdoalah

Ini adalah langkah paling penting untuk bisa mendapatkan momongan. Manusia hanya bisa berusaha, dan Tuhan Yang Maha Kuasa-lah yang memiliki kehendak. Rajin-rajinlah berdoa. Manatau dari sekian lama Anda berdoa akhirnya dikabulkan oleh Tuhan.

Demikian tips cara cepat hamil alami setelah haid setelah menikah. Semoga Anda yang belum memiliki buah hati, bisa segera dikaruniai momongan, amin. Happy Bloging.

Tags: cara agar cepat hamil, cara hamil, cara supaya cepat hamil, bagaimana cara cepat hamil, bagaimana cara agar cepat hamil, bagaimana cara hamil, cara wanita cepat hamil, cara wanita hamil, bagaimana cara biar cepat hamil, cara hamil cepat

Artikel menarik lain: