Cara Agar Cepat Tidur Malam Hari

Posted on

Cara Agar Cepat Tidur – Sering mengeluh mencari cara agar cepat tidur? Tidur merupakan waktu dimana seluruh anggota tubuh beristirahat namun jantung tetap bekerja untuk memompa darah. Begitu pula dengan paru-paru yang masih tetap menghirup oksigen. Tentunya proses tidur ini harus benar-benar diperhatikan agar tidur Anda merasa lebih nyenyak dan nyaman. Sayangnya masih banyak orang yang susah tidur sehingga pola tidur mereka berantakan yang mengakibatkan pada gangguan kesehatan.

Bagi anda yang masih bingung dan disusahkan dengan kebiasaan tidur malam sehingga terasa sangat susah sekali untuk tidur, maka anda wajib menyimak penjelasannya berikut. Anda bisa dengan mudah tertidur dengan rileks dan nyaman tentunya, sehingga nantinya ketika bangun tubuh tidak akan merasa lelah dan bugar kembali.

6 Cara Agar Cepat Tidur

Kebiasaan susah tidur memang kerap kali dikeluhkan oleh sebagian besar orang. untuk mengatasinya maka ada beberapa cara agar cepat tidur bisa dilakukan. Hal ini dengan merespon otak agar mudah dan lebih cepat untuk tertidur. Apabila dibiarkan maka kurangnya waktu tidur ini bisa mengakibatkan kurangnya berat badan dan jiwa yang murung hingga kurangnya rasa semangat.

Agar kebiasaan tidur malam anda tidak berlanjut maka anda harus mencoba beberapa tips, trik ataupun cara agar cepat tidur. Anda bisa menerapkan cara agar cepat tidur sampai Anda berhasil tertidur dengan nyaman dan tidak lagi terganggu dengan rasa susah tidur di malam hari. Tentunya dengan pola tidur yang tepat akan membuat tubuh lebih fit untuk menjalankan aktivitas di keesokan harinya dengan lebih bersemangat.

Berikut ini beberapa cara agar cepat tidur yang bisa anda lakukan :

1. Minum susu

Minum susu hangat bisa menjadi salah satu cara agar cepat tidur. Hal ini karena susu memiliki kandungan protein yang didalamnya terdapat triptofan asam amino. Susu sangat berguna untuk menghasilkan hormon cepat tidur. Adapun selain susu adalah biji labu dan putih telur yang akan memberikan hormon pemberi rasa cepat kantuk.

2. Hindari konsumsi kafein

Cara agar cepat tidur dengan mengurangi asupan kafein ini bsia Anda lakukan dengan mengurangi konsumsi teh maupun kopi. Hal ini dikarenakan kafein merupakan sebuah zat yang berguna untuk meningkatkan kerja detak jantung. hindari konsumsi kafein jika anda ingin benar-benar tertidur.

3. Menggunakan tempat tidur nyaman

Hal ini memang berbanding lurus dengan kondisi tubuh kita dimana orang yang memiliki tempat tidur dengan bantal dan kasur yang nyaman akan mudah merasa rileks dan kemudian tertidur. Berbeda halnya dengan orang yang tidak merasa nyaman dengan tidurnya sehingga mereka umumnya akan merasakan susah untuk tertidur.

4. Mematikan lampu

Ketika ruangan gelap maka tubuh akan menghasilkan hormon yang bernama melatonin. hormon itulah yang nantinya akan membuat Anda mudah untuk tertidur.

5. Gerakan terapi

Gerakan terapi tertentu dipercaya dapat membuat tubuh menjadi rileks. Anda bisa mencobanya dengan beberapa titik dalam tubuh. Pertama pada area pergelangan tangan lurus dengan jari kelingking. Lakukan penekanan pada area tersebut selama 60 detik. yang kedua adalah dengan menekan bawah pergelangan tangan 3cm di tengahnya. lakukan hal yang sama yakni dengan waktu 60 detik.

6. Mengatur jam tidur

Waktu tidur sering dianggap sepele bagi sebagian sebar orang. Padahal hal ini sangat penting sekali bagi siklus kesehatan tubuh. Istirahat dengan tidur sangat diperlukan untuk mendapatkan tubuh yang lebih fit.

Anda bisa memulai cara agar cepat tidur dengan mengatur jam tidur dengan tidur awal dan menggunakan trik bangun di 15 menit awal dari biasanya bangun. Lakukan hal ini selama kurang lebih 3-4 hari, jika berhasil maka coba bangun kembali 15 menit lebih awal lagi dari jam bangun tersebut.

Cobalah dengan terus-menerus cara agar cepat tidur diatas agar kebiasan susah tidur bisa terhindari. Anda juga perlu komitmen untuk melakukannya agar kebiasaan susah tidur yang lama tidak terulang kembali.

Artikel menarik lain: