Cara Instal Ulang Laptop Untuk Windows 10

Posted on

Cara Instal Ulang Laptop – Banyak sekali permasalahan yang terjadi pada laptop atau komputer kita, seperti terkena virus, crash sofware bahkan menumpuknya file sampah yang mengakibatkan laptop atau komputer kita menjadi lemot sampai hank. Banyak pula yang belum mengetahui atau masih bingung dengan solusi mengatasi perihal masalah-masalah yang ada pada laptop seperti diatas. Sebenarnya caranya mudah, yakni menggunakan cara pamungkas yaitu dengan cara instal ulang laptop.

Sayangnya, masih banyak pengguna laptop yang belum bisa dan masih bingung dengan cara instal ulang laptop. Maka dari itu disini kami akan memberikan beberapa cara menginstal ulang laptop khususnya yang menggunakan Windows sebagai operating sistemnya.

Tutorial Cara Instal Ulang Laptop Untuk Windows

Sebenarnya cara instal ulang laptop itu tidak sulit hanya saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan. Berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum proses penginstalan dilakukan.

1. Melakukan backup data data penting yang ada di Drive C, D, F tergantung seperti apa partisi yang digunakan. Ketika melakukan instal ulang, semua data pada drive C akan hilang dan terhapus secara permanen. Jadi itu satu hal yang harus diperhatikan.

2. Sebelum lanjut ke cara instal ulang laptop, hal penting yang harus diketahui yaitu tahu system operasi laptop yang digunakan contoh Windows Vista, Window 7, Windows 8 ataupun Windows 10.

3. Persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti DVD Windows. Jika file berupa iso bisa anda burn ke DVD.
Setelah mempersiapkan semuanya saatnya kita masuk ke cara instal ulang laptop. Sebagai contoh kita akan mencoba menggunakan Windows 10 untuk mengikuti update terbaru.

Cara Instal Ulang Laptop Untuk Windows 10

Berikut step by stepnya :

1. Masukan DVD windows 10 ke laptop dan lakukan restart. Sebelumnya jangan lupa rubah urutan pada BIOS pindah kan DVD Windows menjadi paling atas Setelah laptop menyala akan terlihat pesan “Press any key to boot prom DVD or USB” tekan enter untuk melakukan proses instalasi

2. Setelah masuk pada laman pertama, pilih bahasa yang ingin anda gunakan kemudian ikuti perintahnya dan tekan tombol instal.

3. Berikutnya anda akan di minta memasukan kunci atau product key. Biasanya jika anda menggunakan Windows Ori, product key akan tertera di cover DVD. Product key berupa huruf 25 karakter. Tahap ini bisa dilewati dengan tombol skip dan anda akan menggunakan versi trial Windows.

4. Jika anda memasukkan product key pada langkah 3, anda akan diminta memilih Windows yang akan anda gunakan. Jika anda tidak memasukkan product key, anda akan melewati proses ini.

5. Pada proses selanjutnya anda hanya akan disuguhkan dengan isian tentang persetujuan menggunakan Windows ini sesuai dengan licencenya. Disini Anda hanya perlu centang di bagian “i accept the license terms” dan klik next.

6. Dilangkah berikutnya anda akan di berikan dua opsi pilihan. Menginstal ulang dengan menghapus semua data atau menginstal ulang dengan tidak menghapus data. Namun, untuk hasil maksimal disarankan untuk memilih yang menghapus data. Penyimpanan data yang ada di drive, besar kemungkinan terdapat virus, jika tidak dihapus maka virus bisa menyebar dengan mudah.

7. Selanjutnya pilih partisi yang ingin anda gunakan untuk menginstal Windows, disitu ada beberapa opsional yang bisa anda pilih seperti format drive yang ingin anda pakai.

8. Windows 10 biasanya membutuhkan ruang 18GB, jadi jika muncul unallocated space pilih drive baru dan setidaknya 20GB.

9. Selanjutnya jika keluar pesan “to ensure that all Windows features work currenly, Windows might create additional partitions for system file” pilih tombok OK.

Itulah sedikit tutorial cara install ulang laptop yang perlu Anda lakukan. Tidak perlu bingung. Mayoritas cara install ulang laptop sama khususnya untuk operating system berbasis Windows.

Artikel menarik lain: