Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami dan Aman

Cara Mengecilkan Perut Buncit – Setiap orang baik pria maupun wanita pasti menginginkan badan yang langsing dan ideal. Perut buncit bisa membuat tidak percaya diri terutama bagi wanita. Bagi beberapa orang mungkin mengecilkan perut buncit sangatlah susah.

Cara yang paling ampuh untuk mengecilkan sebetulnya tidak lepas dari 2 hal; olahraga teratur dan pengaturan asupan makanan. Sebagian orang ada yang melakukan cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga, padahal olahraga sebetulnya sangat baik untuk membakar lemak. Diet yang tepat disertai dengan olahraga teratur adalah kombinasi paling bagus untuk mengatasi perut buncit secara cepat dan alami.

Pada umumnya orang yang memiliki perut buncit akan mengalami kesulitan untuk beraktifitas, lebih cepat lelah, dan tahukah Anda orang buncit ada potensi lebih besar untuk terkena penyakit. Oleh karena itu, mulai sekarang mari kita rubah gaya hidup, terutama dalam konsumsi makanan dan aktifitas sehari-hari. Kita akan membahas seputar cara megecilkan perut buncit, selengkapnya mengenai:

  • Apa saja penyebab perut buncit ?
  • Makanan untuk mengecilkan perut
  • Olahraga yang dapat mengecilkan perut buncit

Penyebab Perut Buncit

Tentu Anda sudah mengerti betul apa penyebab perut buncit. Anda pasti setuju jika makan berlebih dan kurangnya aktifitas adalah penyebab utama penumpukan lemak di dalam tubuh. kebiasaan mengkonsumsi junk food, gorengan, makanan cepat saji, makanan yang berlemak dalam jumlah banyak akan menyebabkan penimbunan lemak dalam tubuh. Dan bagian pertama yang paling mudah terlihat akibat penumpukan lemak ini adalah bagian perut. Apalagi jika Anda jarang berolahraga dan lebih sering duduk di depan komputer.

Maka langkah pertama yng paling penting dalam mengecilkan perut buncit dengan cepat ialah membatasi asupan kalori yang berlebihan. Jika asupan kebutuhan kalori untuk orang dewasa rata-rata adalah 2200 kkal, maka yang perlu Anda lakukan adalah mengkonsumsi sesuai kebutuhan harian Anda. Ada penyebab lain dari perut buncit, berikut penjelasannya:

  1. Mengonsumsi makanan ringan

Mungkin kelihatannya remeh, namun terlalu sering ngemil menjadi salah satu penyebab perut buncit. Sebisa mungkin hindarilah makanan-makanan ringan yang mengandung banyak pemanis buatan dan perasa makanan yang berlebihan. Makanan ringan atau snack pada umumnya banyak mengandung pemanis buatan dan perasa makanan dari bahn kimia yang tidak bisa dicerna secara baik oleh sistem pencernaan kita. Selain membuat perut buncit, hal ini juga bisa menyebabkan usus terganggu.

  1. Makan sebelum tidur

Tubuh secara alami membakar sebagian timbunan lemak saat Anda tidur, akan tetapi jika Anda tidur dalam kondisi perut penuh maka tubuh membakar kalori secara tidak efisien. Kondisi ini tentu akan menambah timbunan lemak di perut.

Tidak hanya makan sebelum tidur, bahkan berbaring selesai makan dapat menyebabkan risiko terkena refluks asam lambung dan gangguan pencernaan. Hal ini terjadi karena perubahan gravitasi, akibatnya tubuh tidak mampu menarik makanan di perut menuju ke bawah sehingga asam lambung naik dan tidak bekerja maksimal.

Untuk itu, hindari kebiasaan makan sebelum tidur. Paling tidak 2 sampai 3 jam sebelum tidur. Hindar juga berbaring selesai makan. Jika Anda dalam keadaan lapar sebelum tidur, sebaiknya konsumsi buah-buahan yang tidak hanya mudah dicerna namun tentu saja lebih menyehatkan.

  1. Kurang tidur

Orang dewasa idealnya membutuhkan waktu tidur 7 hingga 8 jam setiap hari. Jika Anda tidur kurang dari waktu tersebut maka tingkat kortisol (hormon stres) Anda akan meningkat. Hal ini menyebabkan Anda mengonsumsi makanan dengan tingkat gula yang berlebih untuk menggantikan tenaga yang tidak didapat lantaran kurang tidur. Dengan tidur yang cukup dan berkualitas setiap harinya, Anda bisa menyeimbangkan kadar kortisol sekaligus meningkatkan produksi leptin (hormon yang dapat membuat Anda mengontrol nafsu makan).

  1. Minum Alkohol

Minum alkohol adalah salah satu pemicu perut buncit. Minuman beralkohol tidak hanya bisa membuat Anda kehilangan kesadaran, tapi juga menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti perut buncit. Alkohol mengandung kalori dan gula yang sangat berlebih yang sama sekali tidak ada manfaatnya bagi tubuh. Selain itu, minum minuman beralkohol dapat juga membuka kesempatan bagi banyak penyakit masuk ke dalam tubuh.

  1. Merokok

Merokok tidak hanya mengurangi berat badan, tetapi juga bisa menyebabkan perut buncit. Sebagian orang beralasan bahwa mereka merokok karena takut gemuk. Padahal kenyataannya penelitian mengungkapkan fakta yang sebaliknya. Orang yang biasa merokok bukannya malah kurus, justru menyebabkan perut buncit.

Makanan Untuk Mengecilkan Perut

Berikut ini adalah beberapa bahan yang dapat digunakan sebagai cara mengecilkan perut buncit secara alami dan cepat untuk wanita:

  1. Jahe dan Madu

Siapa yang meragukan manfaaat dari madu. Madu memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan atau kecantikan. Madu mempunyai kandungan fruktosa. Zat ini berfungsi untuk membakar lemak dalam perut sehingga madu sangat cocok digunakan untuk cara mengecilkan perut buncit. Terlebih lagi jika madu dikombinasikan dengan jahe. Tahukah Anda, jahe adalah salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kandungan zat yang ada di dalam jahe akan menekan nafsu makan sehingga Anda tidak mudah merasa lapar. Caranya : ambil madu 3 sdm dan perasaan jahe sebanyak 2 sdm. Campurkan kedua bahan tersebut ke dalam sebuah mangkuk lalu tambahkan air minum secukupnya. Minum secara rutin 2 kali sehari, yakni pagi dan sore.

  1. Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat mencegah penyakit kanker dan menghilangkan kolesterol atau minyak jahat di dalam tubuh. Teh hijau sudah digunakan sejak dulu sebagai obat tradisional dan mengecilkan perut buncit.

Seduhlah teh hijau dengan menggunakan air panas lalu tunggu hingga air sedikit hangat. Setelah itu minum sebelum makan. Pastikan teh tidak menggunakan gula sebagai pemanis karena itu tidak akan memberikan dampak untuk mengecilkan perut buncit. Tujuan minum teh sebelum makan adalah untuk memberikan rasa kenyang sehingga menekan rasa lapar yang berlebihan. Selain itu, teh hijau ini membantu memperlancar metabolisme sehingga lemak tidak akan menumpuk di perut.

  1. Jamu Kunyit Asam

Jamu kunyit asam adalah salah satu obat tradisional yang baik untuk mengecilkan perut buncit. Caranya: siapkan kunyit ¼ kg, asam jawa 1/2 , ¼ gula jawa, air 2 liter dan garam sepucuk sendok teh. Bersihkan kunyit terlebih dahulu kemudian haluskan dengan parutan atau blender. Setelah itu saring air kunyit tersebut lalu rebus bersama bahan-bahan lain. Tunggulah hingga mendidih dan jamu kunyit asam pun sudah jadi.

  1. Jeruk Nipis & Teh

Meskipun teh hijau sudah cukup untuk membantu mengecilkan perut, namun akan lebih efektif jika Anda tambahkan dengan jeruk nipis. Campuran antara jeruk nipis dan teh hijau sangat efektif untuk membantu mengecilkan perut buncit.

Caranya: seduh teh kemudian tambahkan perasan jeruk nipis. Jangan memasukkan air perasan jeruk nipis ketika air teh masih panas karena itu akan merusak vitamin dari jeruk, namun tunggu hingga panasnya berkurang. Minum setengah gelas pada pagi hari dan minumlah setengahnya lagi pada sore hari.

  1. Ramuan Buah-Buah

Setiap buah memiliki kandungan nutrisi yang bermacan-macan dan semua nutrisi tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh karena alami. Campuran dari beberapa buah ini adalah resep tradisional yang sudah digunakan sejak dulu sebagai cara mengecilkan perut buncit secara alami. Buah yang bisa membantu mengecilkan perut adalah buah pepaya, akar rambutan, buah langsat, buah manggis, buah delima, alang-alang dan air secukupnya.

Caranya: bersihkan semua bahan dan rebus dengan air dalam panci. Tunggu hingga mendidih lalu saringlah air tersebut hingga tidak ada ampas yang ikut. Setelah itu, Anda bisa meminumnya secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

7 Cara Mengecilkan Perut dengan Olahraga yang Benar

Olahraga memiliki berbagai jenis gerakan yang bermacam-macam. Namun, Anda perlu tahu apa tujuan dar olahraga tersebut. Jika Anda ingin mengecilkan perut buncit maka jenis kardio adalah pilihan olah raga yang tepat. Beberapa latihan kardio yang bisa Anda lakukan adalah bersepeda, berenang, menari, dan lain sebagainya.

Selain kardio, ada juga jenis olahraga perut dan HIT (High Intensity Interval Training) yang bisa membantu membakar lemak di dalam perut.  HIT ini merupakan latihan kardio dengan intensitas tinggi dan ada variasi di setiap beberapa menitnya. Hal itu akan memaksa tubuh Anda untuk membakar lemak dalam jumlah lebih banyak dalam rentang waktu yang lumayan singkat. Berikut beberapa olah raga yang bisa membantu mengecilkan perut buncit:

  1. Jalan kaki

Olah raga ini sangatlah mudah untuk dilakukan, kapanpun, dan dimanapun tanpa butuh banyak biaya. Apabila Anda ingin mengecilkan perut dengan olahraga ringan, maka jalan kaki adalah salah satu pilihan terbaik. Anda bisa berjalan kaki selama 30 sampai 40 menit selama 4 sampai 5 hari dalam seminggu.

  1. Jogging

Banyak orang beranggapan bahwa jogging dan lari adalah dua olahraga yang sama. Padahal, sebetulnya jogging adalah lebih kepada olah raga jalan cepat. Joging merupakan jenis olahraga aerobik yang sangat bagus untuk membantu membakar lemak. Saat Anda jogging maka tubuh akan memompa oksigen ke seluruh tubuh untuk membakar lemak dan mengubahnya menjadi energi. Lakukan jogging selama 20 menit setiap hari maka perut Anda akan mengecil dengan cepat.

  1. Lari

Olah raga lari juga bisa membantu membar lemak dalam perut. Lakukan olahraga ini secara rutin minimal 20 menit. Jika Anda rutin melakukannya maksimal 5 hari dalam satu minggu maka lemak di perut akan berkurang. Manfaat lain yang bisa Anda peroleh dari berlari adalah menjaga kesehatan jantung.

  1. Berenang

Berenang adalah salah satu olahraga yang paling bagus untuk membantu mengecilkan prut buncit. Ketika berenang, tubuh kita akan bergerak sehingga efektif untuk membakar lemak khususnya di dalam perut. Bahkan dengan berenang banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dalam menjaga kesehatan.

  1. Bersepeda

Olahraga bersepeda membantu Anda dalam melancarkan program mengecilkan perut. Selain untuk membantu mengecilkan perut, olahraga bersepeda bisa digunakan sebagai rekreasi dan menyegarkan pikiran.

Lakukanlah latihan di atas dengan diimbangi dengan makan makan yang berimbang. Jagalah pola makan seimbang dan kebiasaan olahraga untuk membentuk tubuh ideal. Demikian cara mengecilkan perut buncit dengan olahraga, semoga bermanfaat. Happy Bloging.

Tags: cara alami mengecilkan perut, cara ngecilin perut, cara kecilkan perut, cara olahraga mengecilkan perut.

 

Artikel menarik lain: