Cara Screenshot Samsung Semua Tipe Dengan Mudah

Cara Screenshot Samsung – Mengambil screenshot (SS) layar ponsel Samsung sebetulnya cukup mudah dilakukan, namun banyak yang tidak tahu caranya. Tangkapan layar atau screenshot sangat banyak gunanya, di antaranya: menyimpan gambar tertentu dari FB, menyimpan percakapan BBM atau WA, menyimpan bukti transfer jika Anda belanja secara online dan lain sebagainya.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan bahas cara screenshot Samsung semua tipe HP atau pun tablet. Panduan ini merupakan cara screenshot di Hp samsung yang bisa diterapkan untuk: Galaxy S8, Galaxy S8+, Galaxy S7, Galaxy S7 Edge, Galaxy Note 5, Galaxy S6, Galaxy S5, Galaxy S4, Galaxy S3, Galaxy Note 4, Galaxy Note 3, Galaxy Note 2 dan Galaxy Galaxy Note.

Cara screenshot ini juga bisa Anda gunakan pada perangkat lain yang menggunakan Android 4.0 Ice Cream Sandwich, KitKat (4.4), Android 5.0 Lollipop, Jelly Bean (4.1, 4.2, 4.3), Android 6.0 Marshmallow, dan Android 7.0 Nougat (4.1, 4.2, 4.3).

Cara Screenshot Samsung Dengan Fitur “Palm Swipe To Capture“

Cara screenshot Samsung ini menggunakan fitur “Palm swipe to capture“, caranya:

  1. Posisikan tangan Anda secara vertikal di atas layar dalam keaadan terbuka (perhatikan gambar).
  2. Geser secara horisontal layaknya tangan Anda memindai foto.
  3. Anda akan mendengar shutter kamera, dan melihat tangkapan layar bergerak melintasi layar mengikuti arah tangan Anda.
  4. Layar tangkapan berhasil disimpan, tandanya biasanya ada pemberitahuan di HP.

Kadang dibutuhkan beberapa kali percobaan dengan cara tersebut sampai Anda terbiasa. Cara screenshot Samsung ini bisa diterapkan pada sebagian besar ponsel Samsung yang diproduksi setelah tahun 2013. Jika cara tersebut tidak bekerja, mungkin Anda belum mengaktifkan fitur Swipe.

Untuk mengaktifkannya:

  1. Anda masuk ke menu Settings
  2. Lalu pilih Motions and Gestures (di dalam kategori Motion).
  3. Kemudian centang fitur Palm swipe, tutup menu dan coba ulangi sekali lagi.

Cara screenshot Samsung Dengan Tombol Shortcut

Tidak semua pengguna ponsel suka dengan cara screenshot Samsung kontrol gerakan karena mungkin dianggap cukup ribet. Nah, sebagian besar ponsel Android telah memambahkan metode yang lebih praktis untuk menangkap gambar layar dengan cara menekan tombol Home+Power secara bersamaan.

Caranya:

  1. Anda pilih layar yang ingin Anda simpan.
  2. Tekan tombol home dan power secara bersamaan.Tahan kedua tombol tersebut sampai Anda mendengar suara atau melihat tampilan yang menunjukkan gambar telah disimpan.

Teknik cara screenshot Samsung bisa diterapkan untuk hampir hampir semua ponsel Samsung yang memiliki tombol Home. Sangat mudah bukan? Demikianlah artikel cara screenshot Samsung untuk semua tipe dengan mudah. Silahkan mencoba. Happy Bloging.

Artikel menarik lain:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *