Cara Upgrade Android Ke Versi Terbaru

Posted on

Cara upgrade Android adalah salah satu yang paling dicari oleh para pemilik smartphone. Saat ini pasti anda akan lebih nyaman apabila menggunakan versi Android terbaru. Selain itu juga ada perbaruan secara rutin setiap aplikasi yang terdapat dalam gadget yang semakin memudahkan pengguna dalam mengoperasikan gadgetnya. Adapun, begitupula dengan sistem pada operasi Android, sistem ini sebaiknya diupgrade secara rutin untuk mendapatkan performa yang terbaik untuk perangkat anda.

Bagaimana cara upgrade Android?

Android merupakan sistem operasi yang kemudian oleh Google dikembangkan dengan banyak versinya. Setiap versi Android telah disesuaikan oleh masing-masing produsen smartphone. Sebagian dari anda pasti bertanya-tanya, untuk apakah harus dilakukan upgrade secara rutin sistem operasi perangkat ponsel pintar yang anda miliki. Jawabannya, Anda harus rutin melakukan upgrade agar ponsel nantinya bisa bekerja maksimal.

Lantas bagaimana cara upgrade Android? Memang untuk upgrade android ada beberapa cara, namun ada juga perangkat yang tidak support untuk update-an Android terbaru. Ketika hal ini terjadi maka cara untuk upgrade dibawah ini tidak bisa dilakukan.

Versi terbaru sistem Android yaitu Android 7 Nougat. Pada proses perkembangannya, sistem Android keluar secara bertahap. Untuk versi pendahulunya yaitu Android v6 Marshmallow, Android v5 Lolipop, dan Android v4 Kitkat. Sebelumnya Android hanya menggunakan versi Jelly Bean. Pada Android versi Jelly Bean umumnya tidak tersedia upgrade kecuali apabila sebelumnya sistem operasinya upgrade ke Jelly Bean.

Apabila anda ingin mencoba memperbarui sistem Android, silahkan simak cara berikut ini.

1. Periksa sistem Android

Pertama Anda harus memeriksa sistem Android. Apakah Android yang Anda miliki adalah versi terbaru ataukah lama. Silahkan periksa pada menu setting. Meski diketahui sistem operasi yang Anda miliki lama, namun ingat, tidak semua gadget menyediakan versi Android terbaru.

Caranya yakni dengan menuju ke setting kemudian pilih “about phone ”. Kemudian klik “Android version” maka anda dapat mengetahui versi Android smartphone saat ini antara lain Android 4.0, 5.0, 6.0 dan lain sebagainya.

2. Jangan lupa untuk amankan data

Setelah jelas versinya, hal utama yang harus anda ketahui yakni pengamanan data. Silahkan amankan dulu semua data penting yang tersimpan di smartphone anda. Silahkan hubungkan smartphone ke komputer melalui kabel USB. Dengan begitu data pada perangkat tidak akan hilang ketika proses update.

3. Gunakan menu yang ada pada sistem update

Cara upgrade Android yang termudah dengan memakai perangkat software update. Menu ini terdapat pada menu setting kemudian silahkan masuk pada menu tersebut. Apabila perangkat tersebut tersedia update sistem Android ke versi yang baru selanjutnya akan terdapat menu yang harus diklik.

4. Periksa koneksi internet khususnya WiFi

Ketika melakukan upgrade Android sebaiknya periksa sambungan data internetnya. Pastikan smartphone terhubung pada Wi-Fi sebelum melakukan proses update. Wi-Fi memiliki lalu lintas data yang stabil dari pada menggunakan paket data, walau anda memiliki banyak kuota. Karena untuk proses update perangkat lunak, diperlukan data yang cukup besar. Anda tidak dikenakan biasa untuk pemakaian data dalam jumlah yang besar.

Nah itulah cara upgrade Android tanpa harus melakukan root dengan cara yang sederhana. Siapapun dengan cara diatas pasti bisa melakukannya. Jadi, sekarang dengan begini anda dapat meng-upgrade Android yang anda miliki ke versi yang lebih tinggi seperti dari Jelly Bean ke Lollipop, Jelly Bean ke Marshmallow, atau Lollipop ke Nougat.

Artikel menarik lain: