Lengkap! 13 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Dengan Cepat dan Aman

Cara Memutihkan Gigi – Memiliki gigi yang kuning tentu merupakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Tidak hanya mengurangi rasa percaya diri, gigi kuning juga menandakan bahwa gigi Anda tidak sehat. Cara yang paling mudah dan cepat untuk mengatasi gigi kuning tentu dengan datang ke dokter gigi. Namun tentu hal tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Nah, sebelum Anda memutuskan untuk pergi ke dokter gigi, mungkin cara memutihkan gigi secara alami berikut bisa menjadi alternatif yang bisa Anda coba untuk mengembalikan warna gigi Anda menjadi putih bersih.

Mengapa gigi menjadi kuning?

Warna gigi yang terlihat putih secara biologi merupakan warna dari lapisan transparan enamel gigi, warna lapisan dentin di dalamnya serta warna dari lapisan yang berada di antara enamel dan dentin.

Pada dasarnya, penyebab utama dari gigi kuning adalah karena kebiasaan seperti minum kopi, minum teh dan merokok serta alkohol. Kandungan nikotin pada rokok, kandungan tannin pada teh dan kandungan kafein pada kopi merupakan penyebab terbesar menguningnya gigi.

Makanan yang terlalu dingin atau panas juga bisa merusak warna alami gigi sama halnya dengan kopi, coklat, teh dan makanan lainnya.

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

  1. Menyikat Gigi

Menyikat gini secara rutin merupakan cara terbaik untuk menjaga gigi tetap putih bersih. Pada dasarnya menyikat gigi bertujuan untuk menjaga gigi tetap putih. Nah, jika gigi sudah terlanjur menguning, Anda bisa menggunakan alternatif di bawah.

  1. Siwak

Siwak sudah sejak lama dikenal sebagai pembersih gigi jauh sebelum adanya pasta gigi. Siwak bahkan dianjurkan dalam agama islam karena kandungan zat dalam ziwak sangat bagus untuk gigi dan gusi. Memakai siwak atau miswak merupakan salah satu cara terbarik untuk memutihkan gigi.

Istilah siwak sebenarnya adalah dahan atau bagian dari pohon siwak itu sendiri. Siwak telah lama digunakan sebagai bahan alami untuk menjaga kebersihan dan warna putih alami gigi. Penelitian arkeologis menemukan bahwa siwak ternyata telah digunakan sejak zaman peradaban Mesir kuno.

  1. Kulit Jeruk

Kandungan vitamin C pada kulit jeruk dapat digunakan untuk memutihkan gigi. Caranya cukup mudah: ambil kulit jeruk lalu gosokkan bagian dalam kulit jeruk pada gigi Anda. Lakukan secara teratur maka gigi Anda akan menjadi putih secara alami dan cepat.

  1. Lemon dan Garam

Garam dan lemon merupakan perpaduan ampuh untuk menghilangkan warna kuning pada gigi. Garam adalah eksfoliator atau pengelupas alami yang dapat digunakan untuk mengikis noda pada gigi. Sedangkan lemon mengandung asam yang bisa melunturkan noda pada lapisan enamel.

Caranya: campurkan satu sendok teh garam dengan beberapa tetes lemon. Gosokkan campuran tersebut pada gigi kemudian diamkan selama beberapa menit. Lalu bilas atau berkumurlah dengan air hangat.

  1. Mengunyah Sayuran Mentah

Menguyah sayuran mentah seperi tomat dan wortel bisa membantu menghilangkan warna kuning pada gigi. Tomat dan wortel mengandung vitamin C dan zat yang bisa menghilangkan noda kuning pada gigi.

Caranya: cukup dengan mengunyahnya sehari sekali selama beberapa menit maka Anda bisa mendapatkan gigi yang putih, meskipun efeknya tidaklah secepat bahan pemutih alami lainnya.

  1. Baking Soda Dan Jus Lemon

Baking soda dan jus lemon merupakan kombinasi yang cukup bagus untuk mengatasi gigi kuning sekaligus membuatnya lebih putih mengkilau.

Penggunaaan baking soda sebagai pemutih gigi bisa dikombinasikan dengan bahan lainnya seperti hidrogen peroksida dan strawberry. Serbuk baking soda mampu mengikis warna kuning pada lapisan enamel gigi dan membuatnya kembali putih.

Caranya:

  • Campurkan beberapa sendok teh baking soda dengan jus lemon
  • Aduk hingga tercampur rata sampai menyerupai pasta
  • Oleskan pada sikat gigi, kemudian gosok gigi anda secara merata
  • Bilas dengan berkumur dengan air bersih
  1. Berhenti merokok

Anda seorang perokok? Jika iya, jika ingin gigi Anda tidak berubah berwarna kuning maka berhentilah merokok karena kandungan nikotin pada asap rokok dapat menjadikan gigi Anda berwarna kuning bahkan bisa membuat gigi Anda menjadi rapuh.

  1. Strawberry

Strawberry mengandung vitamin C dan asam ellagic yang bisa membantu memutihkan gigi. Efek pemutih yang ditimbulkan oleh buah strawberry bisa diperoleh dalam waktu yang cukup singkat bahkan hanya dengan mengunyahnya saja.

Caranya :

  • Gosokkan trawberry langsung pada gigi lalu diamkan selama beberapa menit. Lalu berkumurlah dengan air hangat.
  • Atau bisa juga dengan cara menghaluskan buah strawberry lalu campurkan dengan satu sendok teh baking soda. Oleskan pasta strawberry tersebut pada gigi dan biarkan selama 2 menit. Lalu bilas dengan air hangat.
  • Lakukan dua kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.
  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah minyak nabati hasil dari ekstrak daging kelapa. Minyak kelapa memiliki jenis lemak yang dibilang cukup unik dan kaya akan manfaat, sebab keseluruhan dari lemak tersebut terbuat dari Medium Chain Triglycerides (MCTs). Minyak kelapa juga bisa digunakan untuk membantu memutihkan gigi.

Caranya: oleskan 1 Sdm minyak kelapa ke gigi Anda secara merata lalu diamkan selama 10-15 menit. Berkumur dengan air bersih, dan terakhir sikat gigi Anda seperti biasa.

  1. Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah cuka yang tebuat dari sari buah apel hasil fermentasi. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa cuka sari apel bisa menghilangkan noda pada gigi, terlebih lagi yang disebabkan oleh kafein dari teh atau kopi serta nikotin dari rokok.

Berkumur dengan cuka sari apel juga bisa membunuh bakteri dalam mulut yang bisa menyebabkan karang pada gigi.

Caranya:

  • Larutkan dua sendok cuka sari apel dalam setengah gelas air mineral, lalu berkumurlah selama kurang lebih 1 menit
  • Untuk menetralkan kondisi mulut dari cuka sari apel, sebaiknya gosoklahlah gigi seperti biasa
  • Lakukan secara rutin dua kali dalam seminggu
  1. Apel

Ternyata mengunyah apel secara rutin bisa menguatkan gusi Anda sekaligus memutihkan gigi. Kandungan zat dalam buah apel juga terbukti ampuh meningkatkan produksi air liur yang berperan penting untuk membunuh bakteri yang menjadi penyebab bau mulut dan bakteri yang bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. Selain itu, senyawa asam dan serat pada buah apel juga bisa membantu menghilangkan plak dan noda kuning pada gigi.

  1. Biji pinang

Biji pinang juga bisa digunakan untuk membantu memutihkan gigi. Caraya: bakar biji buah pinang hingga hangus lalu haluskan. Kemudian gosokkan ke gigi menggunakan sabut pinang atau kain katun. Lalu berkumurlah dengan air hangat.

  1. Susu dan yogurt

Susu dan yogurt mengadung Kalsium yang bermanfaat untuk menguatkan gigi dan juga bermanfaat untuk memutihkan gigi. Minun susu dan yogurt secara rutin bis membantu mempertahankan warna putih gigi.

  1. Arang kayu

Tidak banyak yang mengetahui bahwa ternyata arang bisa memutihkan gigi dengan cepat. Arang mengandung senyawa aktif karbon yang dapat mengikis noda pada enamel gigi dengan cepat. Namun perlu Anda pahami bahwa arang tidak bisa digunakan untuk bahan perawatan gigi secara rutin.

Cara menggunakan arangĀ  untuk memutihkan gigi:

  • Tumbuk arang kayu hingga menjadi bubuk lalu campurkan bubuk arang dengan sedikit air.
  • Oleskan pada gigi selama beberapa menit
  • Bilas dengan berkumur menggunakan air hangat dan lihatlah perubahannya

Ingat, gunakan arang maksimal dua kali dalam sebulan saja sebab arang bisa merusak lapisan pelindung gigi sehingga gigi menjadi sensitif.

Itulah 13 cara memutihkan gigi kuning secara alami dan aman, jika semua cara di atas tetap tidak bisa membantu menghilangkan warna kuning pada gigi, maka sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter gigi untuk mencari solusinya..

Artikel menarik lain: