Lengkap! 16 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Dengan Cepat

Cara Menurunkan Berat Badan – Sebagian orang merasa menurunkan berat badan cukup mudah, namun sebagian yang lain merasa sangat susah. Namun tentu saja bukan berarti harus menyerah begitu saja. Ada banyak cara menurunkan berat badan secara alami, sederhana, tanpa harus stres dan tanpa menguras kantong. Kuncinya adalah konsisten dan penuh komitmen.

Nah, untuk bisa memiliki berat badan ideal tanpa harus ke dokter, sedot lemak, mengkonsumsi pil pelangsing, dsb maka Anda bisa mencoba metode alami cara menurunkan berat badan secara alami.

1. Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Dengan Diet

Cara menurunkan berat badan sangat erat hubungannya dengan diet. Sebab untuk menurunkan berat badan mesti melalui proses diet. Namun diet di sini tidak mesti harus ekstrim sehingga tidak makan sama sekali atau dengan perubahan pola makan yang drastis apalagi sampai tidak makan. Hal ini ustru mempengaruhi kesehatan badan. Lakukan diet normal dengan cara mengatur pola makan, itu saja sudah cukup, yang penting konsisten.

2. Berpikiran optimis

Mengontrol pikiran sangat penting untuk membantu menurunkan badan. Pikiran stress hanya akan menambah berat badan Anda, karena orang yang stress cenderung ngemil berlebihan untuk menenangkan pikiran. Tetapkan pikiran yang positif dan optimis bahwa Anda bisa menurunkan berat badan dengan melakukan program tertentu.

3. Menentukan Target

Menentukan target sangat penting untuk bisa mencapai goal Anda dalam melakukan program cara menurunkan berat badan. Namun jangan terlalu muluk-muluk. Tetapkan target yang realistis selama melakukan program menurunkan berat badan. Jangan terobsesi dengan menurunkan berat badan secara cepat. Jika Anda berhasil menurunkan berat badan 1 kilogram seminggu sudah cukup. Tetapkan juga target-target kecil seperti, tidak makan makanan cepat saji, tidak makan gorengan, tidak minum-minuman kaleng dan lainnya.

4. Banyak Bergerak

Jika Anda termasuk orang yang malas gerak, maka mulai saat ini mulailah aktif bergerak. Banyak bergerak bisa dengan berjalan kaki, joging, bersepeda dsb. Mulailah berjalan kaki kemanapun, jangan melulu menggunakan sepeda motor. Jangan cuma duduk di depan laptop, namun perbanyak bergerak. Mulailah lakukan hal-hal kecil seperti memarkir mobil jauh sehingga harus berjalan kaki terlebih dahulu, kurangi menggunakan lift atau eskalator.

5. Perbanyak Minum Air Mineral

Air mineral sangat penting bagi tubuh. Air mineral bisa membantu menurunkan berat badan. Air akan membantu proses pencernaan menjadi lebih lancar sehingga timbunan lemak dalam tubuh berkurang. Setengah atau satu jam sebelum makan cobalah minum satu gelas air mineral, sehingga porsi makan akan berkurang.

6. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Makanan yang mengandung banyak serat akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Makanan kaya serat contohnya kacang polong, pepaya, brokoli, kubis, alpukat, pisang, pir, jagung, dan beras merah.

Manfaat makanan kaya serat antara lain : menurunkan kolesterol tinggi, membersihkan saluran pencernaan, membantu proses detoksifikasi dalam tubuh, menghindarkan endapan lemak pada pembuluh darah, membantu menurunkan berat badan, melindungi tubuh dari penyakit usus besar, mengendalikan gula darah, memperlambat penyerapan glukosa.

7. Kurangi Porsi Makan

Kurangi porsi makan Anda, misal jika 2 porsi sekali makan maka sekarang mulai kurang mejadi 1 porsi. Jika biasanya 1 porsi, maka mulai sekarang kurangi jadi setengah porsi. Jadi tetap dengan makan 3 kali sehari hanya saja dengan porsi kecil.

8. Hindari Makan Lebih Dari Jam 6 Sore

Porsi makan siang harus lebih sedikit daripada sarapan pagi karena Anda butuh asupan kalori yang lebih banyak di pagi hari. Begitu pula makan malam, lebih sedikit dari siang karena aktivitas sudah selesai, Anda tidak perlu mengonsumsi makanan berat lagi pada sore hari. Nasi bisa diganti dengan sebuah apel, kurma, dsb. Atau jika memang hendak makan malam, jangan langsung tidur setelah makan.

9. Hindari Cemilan Dengan Kandungan Gula Tinggi

Hindarilah mengkonsumsi cemilan yang memiliki kandungan gula yang tinggi. Mengonsumsi makanan yang mengandung gula berlebih apalagi jika kurang olah raga maka memiliki risiko diabetes, kolesterol tinggi, obesitas, gigi berlubang dan penyakit lainnya. Hindari juga minum minuman bersoda karena dalam minuman bersoda mengandung gula yang sangat tinggi.

10. Minum Air Jeruk Nipis Pada Pagi Hari

Jeruk nipis kaya dengan vitamin C akan membantu menyerap kalsium dalam sel-sel lemak, sehingga berat badan turun. Dengan minum air jeruk nipis dengan segelas air hangat secara rutin, bisa membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

11. Minum Teh Hijau

Cara Teh hijau dikenal karena memiliki banyak khasiat. Sejak dulu teh hijau dipercaya bisa menurunkan berat badan. Minumlah teh hijau dengan teratur Anda makan untuk mendapatkan manfaat secara maksimal. Dan jangan meminumnya dengan gula karena diet Anda jadi sia-sia. Dengan meminumnya sebelum makan, akan membuat perut Anda terasa lebih kenyang sehingga bisa mengurangi porsi makan Anda.

Teh Hijau juga membantu memperlancar metabolisme tubuh, sehingga akan membantu menghilangkan lemak pada tubuh. Selain itu, teh hijau juga kaya dengan anti oksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker dan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh.

12. Teh Jeruk Nipis

Selain teh hijau, Anda juga bisa menggunakan teh biasa yang dicampurkan dengan perasan jeruk nipis. Caranya cukup mudah: seduh teh celup biasa dan campurkan perasan jeruk nipis ke dalamnya. Minumlah secara rutin untuk hasil maksimal.

13. Madu dan Jahe

Madu sudah sejak lama dikenal memiliki banyak khasiat, baik untuk mencegah maupun mengobati berbagai penyakit. Madu juga bisa dimanfaatkan untuk program cara menurunkan berat badan secara alami. Madu mengandung fruktosa yang bisa membakar lemak dalam tubuh secara tak langsung.

Sementara jahe secara alami membantu menekan nafsu makan, sehingga Anda bisa mengurangi asupan kalori karena merasa tidak terlalu lapar. Cara membuatnya: campurkan 3 sdm madu dan 2 sdm perasan jahe ke dalam segelas air hangat. Minumlah 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

14. Olah Raga Cardio

Cardio adalah salah satu jenis latihan olah tubuh yang melibatkan hampir semua anggota badan seperti bersepeda, berlari, berenang, joging dan lainnya. Dengan melakukan olah raga tersebut, otot-otot di tubuh bekerja mulai dari otot betis, otot punggung, otot perut, otot paha, lengan dan pundak. Sehingga bisa membantu mengurangi timbunan lemak dalam tubuh.

15. Yoga

Yoga adalah olahraga yang memfokuskan pada kelenturan, kekuatan, dan pernapasan. Yoga sangat baik untuk membantu menghilangkan gas berlebih di dalam perut, sehingga memperlancar pencernaan dan mengurangi lemak di perut. Mulailah melakukan yoga selama 10-20 menit setiap hari agar tubuh dapat melakukan sistem metabolisme dengan maksimal.

16. Sit-up dan push-up

Olah raga lain yang bisa dilakukan untuk progra cara menurunkan berat badan adalah sit-up dan push-up. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Lakukan 10 kali sit-up dan 10 kali push-up untuk awal-awal, lalu naikkan intensitas latihan setiap harinya. Olah raga ini akan membantu menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat.

Demikian 16 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Dengan Cepat. Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan tindakan mesdi untuk menurunkan berat badan, tidak ada salahnya Anda mencoba cara aami terlebih dahulu. Disamping aman dari efek samping, cara menurunkan berat badan secara alami juga hemat biaya tidak menguras kantong. Semoga bermanfaat. Happy Bloging.

Tags: cara cepat menurunkan berat badan, cara alami menurunkan berat badan, cara ngurusin badan, cara kurusin badan, cara nurunin berat badan, bagaimana cara menurunkan berat badan

Artikel menarik lain: