Lengkap! 6 Cara Screenshot Di Laptop Atau Komputer

Cara Screenshot Di Laptop – Apa yang dimaksud dengan screenshot? Screenshot adalah tangkapan layar yang diambil dari laptop, komputer ataupun gadget. Dalam kondisi tertentu, mungkin Anda membutuhkan screnshot ini, misal: ketika sedang menulis skripsi, atau menyimpan layar untuk bukti pembayaran belanja via online, menyimpan tampilan layar yang ingin disimpan jika sewaktu-waktu dibutuhkan bisa dilihat lagi, dan lain sebagainya.

Memang sangat banyak manfaat dari screenshot/tangkapan layar di laptop atau komputer. Nah, kali ini kita akan membahas cara screenshot di laptop atau komputer yang memiliki sistem operasi Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, hingga Windows 10. Anda bisa cara screenshot di laptop dengan beberapa tips yang mudah dilakukan.

6 Cara Screenshot Di Laptop Atau Komputer

1. Tekan Logo Windows + Print Screen (PrtSc)

Untuk laptop atau komputer yang memiliki sistem operation Windows 8 hingga Windows 10 bisa mengambil screenshot dengan keyboard shortcut.

Cara screenshot di laptop atau komputer dengan cara ini:

  1. Anda tinggal tekan Logo Windows+Print Screen (PrtSc) secara bersamaan di keyboard laptop atau komputer.
  2. Anda akan melihat layar laptop atau komputer berkedip. Itu merupakan tanda screenshot telah diambil.
  3. Lalu di mana lokasi folder screenshot tersebut? Anda bisa cek di sini: C:\Users\[nama user]\Pictures\Screenshots
  4. Selamat, screenshot telah berhasil Anda ambil dari Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10.

2. Tekan Print Screen

Kadang karena beberapa faktor sehingga cara di atas tidak berfungsi, maka Anda bisa menggunakan cara kedua ini. Jika Anda pengguna Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10, Anda bisa melakukan cara ini.

Cara screenshot di laptop atau komputer dengan cara ini:

  1. Anda tinggal menekan tombol Print Screen. Setelah menekan tombol tersebut, Anda telah mengambil screenshot namun masih tersimpan dalam RAM.
  2. Untuk menampilkannya, Anda harus paste screenshot tadi ke Microsoft Word atau Paint. Anda buka paint saja biar lebih mudah. Anda klik gambar windows di pojok kiri bawah laptop atau komputer Anda, lalu klik “search”. Anda ketikkan saja “Paint” maka nanti akan muncul gambar paint windows, Anda tinggal klik.
  3. Anda klik kanan lalu “Paste” atau bisa juga menggunakan tombol “ctrl+v” di keybord Anda.
  4. Selamat, screenshot telah berhasil Anda ambil dari Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10.

3. Tekan Alt + Print Screen

Jika cara di atas juga tidak berfungsi, atau Anda masih kurang puas dengan cara di atas maka Anda bisa menggunakan cara ketiga.

Cara screenshot di laptop atau komputer dengan cara ini:

  1. Tekan Alt+PrintScreen
  2. Buka Paint. Anda klik gambar windows di pojok kiri bawah laptop atau komputer Anda, lalu klik “search”. Anda ketikkan saja “Paint” maka nanti akan muncul gambar paint windows, Anda tinggal klik.
  3. Paste screenshot yang telah diambil tadi dengan klik kanan lalu “Paste” atau bisa juga menggunakan tombol “ctrl+v” di keybord Anda.

Note: cara ini hanya akan mengambil screenshot dari jendela yang aktif saja. Taskbar dan yang lain tidak dapat diambil screenshot-nya.

4. Menggunakan Alat Snipping Tool

Di Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10 pada dasarnya ada aplikasi bawaan untuk melakukan screenshot yang bernama Snipping Tool. Menggunakan aplikasi ini jauh lebih mudah dan praktis.

Cara screenshot di laptop atau komputer dengan cara ini:

  1. Untuk menemukan aplikasi ini, klik kanan di logo windows di bagian pojik kiri bawah laptop atau komputerAnda, buka “Search” dan Anda ketik “snipping tool”. Nanti akan muncul snipping tool.
  2. Klik gambar Snipping tool, lalu siap digunakan.
  3. Anda klik “New”, nanti muncul 4 pilihan jenis screenshot yang bisa Anda gunakan. Anda tinggal coba-coba sendiri ke-empat fitur terserbut.

Cara Screenshot Di Laptop Atau Komputer Dengan Aplikasi

Jika menggunakan semua cara di atas masihbelum mampu memenuhi kebutuhan Anda, Anda bisa menggunakan software screenshot yang mayoritas memiliki fitur lebih lengkap daripada tool bawaan.

5. Aplikasi PicPick

Salah satu software screenshot yang terbaik adalah PicPick. Selain fiturnya lengkap, PickPick juga sudah dilengkapi dengan image editor, sehingga Anda bisa menambahkan tulisan, blur, tanda panah, atau keterangan lain Anda rasa perlu.

Cara screenshot di laptop atau komputer dengan aplikasi ini:

  1. Download dulu aplikasi PickPick di sini: http://ngwin.com/picpick
  2. Anda install. Anda klik saja next di setiap langkahnya sampai selesai.
  3. Anda tinggal coba-coba sendiri, cara pakainya gampang kok.

Pakai Aplikasi Add-On Capture Webpage

Adapun salah satu kelemahan dari cara mengambil screenshot menggunakan tombol Prt Sc adalah hanya bisa mengambil Screenshot dari apa yang terlihat di layar saja. Nah, jika Anda ingin mengambil layar tampilan website secara penuh maka Anda bisa menggunakan add-on Capture Webpage Screenshot adalah Add-On yang dibuat oleh Fireshot.

Cara screenshot di laptop atau komputer dengan aplikasi ini:

  1. Kunjungi Google Web Store di sin: https://chrome.google.com/webstore?hl=id
  2. Cari add-on tersebut dengan mengetikkan Capture Webpage Screenshot.
  3. Klik “tambahkan ke chrome”, lalu klik “add/tambahkan”. Nanti otomatis aplikasi ini akan muncuk di bagian tab bookmark Anda.
  4. Anda tinggal mengaktifkan aplikasi ini dengan mengklik tombol Capture Webpage Screenshot di bilah bookmark Anda, nanti ada beberapa pilihan menu. Anda bisa menyimpan tampilan website secara penuh dengan menggunakan aplikasi ini. Nah, Anda bisa berekspolasi dengan aplikasi ini. Selamat mencoba.

Itulah cara screenshot di laptop atau komputer baik dengan cara manual maupun menggunakan aplikasi. Semoga bermanfaat. Happy bloging.

Artikel menarik lain: