Lengkap! Cara Sholat Tahajud, Niat, Doa dan Keutamaannya

Cara Sholat Tahajud – Sholat tahajud merupakan ibadah yang sangat istimewa. Sholat tahajud adalah satu-satunya sholat sunnah yang disebutkan dalam Al Qur’an dan keutamaannya. Tidak ada sholat sunnah yang bisa menandingi keutamaannya?

Apa keutamaan sholat tahajud, bagaimana tata cara, niat dan doanya? Dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap.

1. Hukum Sholat Tahajud

Allah SWT berfirman dalam Al Qur’an:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Israa’: 79)

Hukum Sholat tahajud adalah sunnah muakkadah (sunnah yang sangat dianjurkan) bagi kaum muslimin seperti yang disebutkan dalam ayat di atas. Walaupun hukumnya sunnah muakkadah, namun Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkannya.

2. Keutamaan Sholat Tahajud

Keutamaannya sangat luar biasa, yang membuat kita seharusnya termotivasi untuk membiasakan diri mengamalkannya.

  1. Mendapat kedudukan terpuji. Sesuai dengan firman Allah dalam surat Al Isra ayat 79 di atas, orang yang mengerjakan sholat tahajud akan diangkat Allah ke tempat/kedudukan terpuji.
  2. Kunci masuk surga. Rasulullah SAW bersabda: “Tebarlah salam, berilah makan (orang-orang yang kelaparan), sambunglah silaturrahim, dan shalatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Tirmidzi)
  3. Sholat sunnah yang paling utama. Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang paling utama. Sesuai sabda Rasulullah SAW: “Sholat yang paling afdhol setelah sholat fardhu adalah sholat malam (shoalat tahajud),” (HR. An Nasa’i)
  4. Memperoleh kemuliaan dan Kewibawaan. Orang-orang yang melakukan shalat tahajud akan mendapatkan kedudukan yang mulia di dunia selain mendapatkan kedudukan mulia di akhirat kelak. Sesuai sabda Nabi SAW, “Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada shalat malamnya.” (HR. Hakim; hasan)
  5. Doanya dikabulkan. Doa yang dipanjaat seseorang setelah melakukan sholat tahajud insya Allah dikabulkan Allah. Terutama jika melakukannya di sepertiga malam yang terakhir.
  6. Kebiasaan orang shalih. Sholat ini adalah kebiasaan orang-orang shalih terdahulu. Sesuai sabda Nabi SAW, “Biasakanlah dirimu untuk shalat malam (sholat tahajud) karena hal itu adalah kebiasaan orang-orang shalih sebelum kamu, (sholat tahajud) akan mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR. Ahmad)
  7. Mencegah dan menghapuskan dosa. Setiap muslim pasti pernah melakukan dosa. Dosa-dosa yang kecil yang dilakukan olah seorang muslim bisa berguguran dengan menjalankan sholat tahajud sebagaimana hadits di atas.
  8. Menolak penyakit. Di antara keutamaan tahajud adalah menolak penyakit. Orang-orang yang merutinkan shalat tahajud akan dijaga kesehatannya dan dijauhkan dari penyakit dengan izin Allah. Keutamaan ini telah dibuktikan secara medis. Ketika seorang melakukan sujud berulang-ulang dan dalam waktu yang cukup lama, maka darah akan mengalir ke otak sehingga bisa mencegah dari penyakit stroke.

3. Waktu Sholat Tahajud

Para ulama berbeda pendapat apakah sholat tahajud mesti dikerjakan setelah tidur atau boleh sebelum tidur (setelah shalat isya). Pendapat yang paling kuat mengatakan bahwa waktu sholat tahajud adalah setelah sholat isya, setelah bangun tidur sebelum shoat subuh. Waktu paling utamanya adalah sepertiga malam terakhir.

Dan Rasulullah SAW juga bersabda.

Allah SWT turun ke langit bumi setiap malam sampai lewat sepertiga malam yang pertama. Dia berfirman, ‘Akulah Raja. Akulah Raja. Barangsiapa yang berdoa kepadaKu niscaya Aku akanmengabulkannya. Barangsiapa yang minta kepadaKu maka niscaya Aku akan memberinya. Barangsiapa yang memohon kepadaKu maka niscaya Aku akan mengampuninya dan itu belangsung sampai fajar bersinar“. (HR. Muslim)

4. Tata Cara Sholat Tahajud Yang Benar

Pada dasarnya tata cara sholat tahajud sama seperti melakukan shalat biasa, tidak ada perbedaan sama sekali. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas secara terperinci:

  1. Niat. Bacaan niat sebelum sholat tahajud boleh dibaca dalam hati saja, atau boleh juga dilafalkan. Niat shalat tahajud: Ushalli Sunnatat Tahajjudi Rak’ataini Lillaahi Ta’aalaa. Artinya : “Sengaja Aku Shalat Sunah Tahajud dua raka’at karena Allah Ta’ala”.
  2. Berdiri (Jika dalam kondisi sakit, boleh sholat sambil duduk). Berdiri tegap adalah rukun salat. Posisi ini dilakukan sebelum Anda melakukan takbiratul ihram. Kaki direnggangkan, paling lebar selebar bahu, pandangan ke tempat sujud.
  3. Takbiratul ihram. Membaca “Allahu Akbar” sambil mengangkat kedua tangan setentang telinga atau bahu.
  4. Membaca surat Al Fatihah dan Surat Pendek. Ayat pendeknya boleh apa saja, sesuai kemampuan masing-masing.
  5. Rukuk. Bacaan Rukuk: “Subhaana Rabbiyal ‘Adziimi Wa Bihamdih.” (Dibaca minimal 3x) Artinya : “Maha Suci Tuhanku Yang Maha Agung Dan Dengan Memuji-Nya”.
  6. Iktidal (bangkit dari rukuk). Bangkit dari rukuk sambil mengangkat kedua tangan sejajar telinga atau bahu, seraya membaca. “sami’alloohu liman hamidah” Artinya: “Allah Maha Mendengar orang yang memuji-Nya”. Lalu membaca: “Rabbanaa walakal hamdu mil’us samaawati wa mil’ul ardhi wa mil ‘umaasyi’ta min syai’in ba’du.” Artinya: “Wahai Tuhan kami. Hanya bagi Engkau-lah segala puji sepenuh langit dan bumi dan sepenuh yang Engkau kehendaki sesudahnya”.
  7. Sujud. Lalu sujud dengan meletakkan dahi ke lantai. Bacaan sujud: “subhaana rabbiyal a’laa wa bihamdih.” Artinya: “Maha Suci Tuhan Yang Maha Tinggi serta aku memuji kepada-Nya “.
  8. Duduk antara dua sujud. Bacaan antara dua sujud: “Robbighfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii warzuqnii wahgdinii wa’aafinii wa’fu ‘annii“. Artinya : “Ya Allah, ampunilah sekalin dosaku, dan belas-kasihinilah aku, dan cukuplah segala kekuranganku, dan angkatlah derajatku, dan karuniakanlah kepadaku rezeki, dan berilah aku petunjuk, dan berilah kesehatan padaku, dan berilah maaflah kepadaku”. Setelah itu Anda sujud kembali lalu berdiri membaca Al-Fatihah kemudian disambung dengan membaca ayat pendek, sesuai kemampuan.
  9. Membaca tasyahud akhir. Tahiyat Akhir adalah posisi dimana pantat langsung bersentuhan dengan tanah sedangkan kaki kiri dimasukkan ke bawah kaki kanan lalu jari-jari kaki kanan berdiri. Dan membaca tasyahud akhir: “Attahiyyaatul mubaarokaatush sholawaatut toyyibaatulillaah assalaamu’alaika ayyuhan nabiyyu warohmatulloohi wabarokaatuhu assalaamu’alainaa wa ‘alaa ‘ibaadil-laahish-shoolihiina. asyhadu anlaa ilaaha il-lallooh wa asyhadu anna muhammadar rosuulullaah. Alloohumma sholli ‘alaa sayyidinaa muhammadin.. dan seterusnya”. Artinya: “Segala penghormatan yang berkat, sholawat yang baik adalah untuk Allah. Salam keseejahteraan atas engkau wahai Nabi dan rahmat Allah serta berkah-Nya untuk engkau. Sejahtera ke atas kami dan atas hamba-hamba Allah yang soleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwasa Muhammad itu adalah utusan Allah. Ya Tuhan kami, selawatkanlah ke atas Nabi Muhammad SAW.. dan seterusnya”.
  10. Membaca salam: “Assalaamu ‘alaikum warohmatulloohi wabarokaatuhu“, Artinya : “Semoga keselamatan, rahmat dan berkah Allah SAW selalu tercurah untuk kamu sekalian”.
  11. Tertib. Maksudnya melakukan semua gerakan sesuai urutannya masing-masing tanpa tertinggal satu pun.
  12. Tumakninah. Maksud tumakninah adalah berhenti sejenak ketika berpindah dari satu posisi ke posisi lain.

5. Doa Sholat Tahajud

Pada dasarnya boleh meminta doa apa saja setelah melakukan sholat tahajud. Meskipun ada doa khusus yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Namun itu tidak merupakan sebuah keharusan. Anda boleh berda apa saja setelah sholat tahajud. Maka mintalah sebanyak-banyaknya kepada Allah SWT niscaya Dia akan mengabulkan. Boleh berdoa memakai bahasa arab, boleh juga dengan bahasa sendiri.

Demikian panduan tata cara sholat tahajud yang benar dan lengkap, Semoga kita semua dimudahkan dalam melakukan ibadah sholat tahajud. Amin. Semoga bermanfaat. Happy Bloging.

Artikel menarik lain: